Spare Part Mobil Yang Harus Diganti Secara Rutin


1. Oli Mesin dan Filter Oli

Oli mesin dengan filter oli merupakan suku cadang yang harus diganti secara berkala karena masa pakainya yang terbilang singkat. Fungsi oli mesin sangat penting untuk melumasi bagian dalam mesin agar mesin dapat bekerja dengan stabil dan oli mesin juga dapat menghindari gesekan antar komponen.

Filter oli berguna untuk menyaring kotoran yang dihasilkan dari gesekan mesin dan juga menyaring karbon. Jika mobil Anda sering digunakan, oli mesin yang bekerja dengan filter oli menjadi lebih berat.

Kerja oli mesin juga akan terkuras ketika kendaraan sering digunakan dalam kemacetan karena mobil akan berhenti dan melaju secara tiba-tiba. Pabrikan memang merekomendasikan pengemudi mobil baru untuk mengganti oli mesin pada 1.000 kilometer.


2. Saringan udara

The filter udara memang bisa dibersihkan ketika Anda melakukan perawatan rutin atau berkala, namun kekuatan filter udara sangat pendek. Filter udara akan berguna untuk menyaring debu atau kotoran yang timbul dari luar. Filter udara yang kotor akan menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar mobil.

Dilihat dari Liputan Koran dengan membersihkan filter udara dapat menghemat konsumsi bahan bakar di dalam mobil. Filter udara harus dibersihkan saat kendaraan mencapai 1.000 kilometer dan diganti saat mencapai 40.000 kilometer.

Jika filter udara terlalu kotor dan jarang dibersihkan, kotoran dari luar dapat menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar dan hal ini dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.


3. Busi

Busi merupakan salah satu suku cadang yang memiliki bentuk kecil namun memiliki pengaruh yang besar dalam menopang performa mobil. Busi yang rusak akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros karena pembakaran di ruang mesin tidak berjalan maksimal.

Busi akan membantu menyalakan api dalam proses pembakaran di ruang mesin dan pemilik mobil perlu memeriksa busi secara berkala. Penggantian busi bisa dilakukan saat penggunaan mobil mencapai 20.000 kilometer.


4. Baterai


Aki mobil yang lemah dapat diwujudkan dari suara klakson yang tidak keras, lampu indikator yang lemah atau tidak menyala dan yang paling parah adalah mesin tidak mau hidup. Dengan melemahnya aki, maka tidak akan ada suplai daya ke sistem kelistrikan mobil.

Pastikan untuk memeriksa baterai secara teratur. Baterai biasanya akan menurun ketika penggunaan mobil mencapai tahun kedua atau ketiga. Jika aki semakin parah, silahkan ganti aki mobil dengan aki yang baru.


5. Filter AC


Filter AC yang tidak dirawat akan membuat kinerja AC tidak berjalan dengan baik dan ketika kinerjanya terganggu maka suhu di dalam kabin akan sulit untuk didinginkan. Jika Anda membiarkannya dingin, AC akhirnya akan rusak.

Pastikan Anda selalu merawat filter ac dan ketika bengkel menyarankan untuk menggantinya, segera ganti dengan filter baru. The AC filter umumnya diganti ketika kendaraan mencapai 20.000 kilometer penggunaan.


6. Bantalan Rem

Rem merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, sehingga rem harus diperiksa secara berkala. Cari tahu kondisi kampas rem Anda dan bila kampas rem Anda sudah rusak, segera ganti dengan yang baru.

Untuk mengecek ketebalan kampas rem dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti bunyi rem yang menimbulkan bunyi derit akibat gesekan antara 2 logam. Jika Anda menginjak pedal rem dan langkah terasa lebih dalam, bantalan rem terdeteksi habis.

Sekarang Anda sudah memahami seluk beluk suku cadang mobil bukan? Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Jerawat?

Ide Bisnis Online Menjadikan Anda Pengusaha Sukses

Membeli Bunga Pernikahan Diskon - Tempat Terbaik untuk Membeli Bunga Segar